Soal Prediksi UAS Pendidikan Al-Qur’an Semester 2


Kali ini, ana akan SHARE Soal Prediksi yang dibuat dari Kisi-kisi UAS Pendidikan Al-Qur’an.

Kuliah Semester 2 di Uniska Banjarbaru, Kalimantan Selatan, Indonesia

Siapa tahu, soalnya kurang lebih seperti yang nanti akan saya paparkan..!

Kisi-Kisi UAS Pendidikan Al-Qur'an Semester 2

1. Apa Definisi Al-Qur’an dan Ulumul Qur’an ??

a. Al-Qur’an adalah kalammullah yang diturunkan oleh Allah kepada Nabi Muhammad dengan perantara Malaikat Jibril sebagai Mukjizat.

Al-Qur’an adalah sumber ilmu bagi kaum muslimin yang merupakan dasar-dasar hukum yang mencakup segala hal, baik aqidah, ibadah, etika, mu’amalah dan sebagainya.

Al-Qur’an diturunkan secara berangsur-angsur(muttawatir) kurang lebih 23 tahun. Al-Qur’an sendiri diturunkan dalam Bahasa Arab.

b. Ulumul Qur’an adalah ilmu-ilmu yang membahas hal-hal berhubungan dengan Al-Qur’an.

 

2. Apa Pengertian Surah Makkiyah dan Surah Madaniyah serta Berkhilwat/khalwat…!

a. Surah Makkiyah adalah Surah yang diturunkan Nabi Muhammad SAW sebelum beliau hijrah ke kota Madinah.

Surah ini tergolong surah Pendek, Karena kebanyakan masyarakat saat itu suka menentang Islam dan susah menerima Dakwah Islam.

b. Surah Madaniyah adalah Surah yang diturunkan Nabi Muhammad SAW setelah beliau hijrah ke kota Madinah.

c. Khalwat artinya menyendiri ke suatu tempat yang tidak ada orang lain. Dengan maksud/tujuan ber-istighfar dan beribadah kepada Allah SWT.

 

3. Arti Asbabun Nuzul, Surah Pertama dan Surah Terakhir yang diturunkan…!

a. Asbabun Nuzul adalah ilmu-ilmu yang membahas mengenai asal-muasal,sebab-sebab, atau alasan suatu Surah atau beberapa ayat Al-Qur’an itu diturunkan..

b. Surah Pertama yang diturunkan adalah Surah Al-Alaq ayat 1-5

c. Surah Terakhir yang diturunkan adalah Surah Al-Maidah ayat 3

 

4. Surah yang diturunkan sebelum/sesudah Nabi Hijrah..?

27 Surah yang diturunkan sebelum Nabi Hijrah sebagai berikut ini..!

QS. Al-Baqarah QS. Ali ‘Imran QS. An-Nisaa’ QS. Al-Maidah QS. Al-Anfal QS. At-Taubah QS. Al-Hajj QS. An-Nur QS. Al-Ahzab
QS. Muhammad QS. Al-Fath QS. Al-Hujurat QS. Ar-Rahman QS. Al-Hadid QS. Al-Mujadilah QS. Al-Hasyr QS. Al-Mumtahanah QS. Ash-Shaf
QS. Al-Jumu’ah QS. Al-Munafiqun QS. At-Taghabun QS. Ath-Thalaq QS. At-Tahrim QS. Al-Insan QS. Al-Bayyinah QS. Al-Zalzalah QS. An-Nashr

87 Surah(seperti An-Nas, Al-Falaq, Al-Ikhlas, Al-Lahab, An-Nasr) lainnya merupakan Surah yang diturunkan sebelum Nabi Hijrah..!

Juli Belum Bayar Hutang :v

5. Arti Adzab, Makruh, Basmalah dan Ta’awudz..?

a. Adzab adalah siksaan yang dihadapi oleh Makhluk-Nya akibat kesalahan yang pernah mereka perbuat dalam filsafat Islam.

b. Makruh adalah Sesuatu Perbuatan yang jika dilakukan tidak mendapat pahala ataupun dosa, jika tidak dilakukan akan mendapat pahala..

c. Basmalah adalah ucapan pembukaan bismillah. Dengan mengucap basmalah setiap melakukan kebaikan, diharapkan mendapat pahala dan syafa’at.

d. Ta’awudz adalah bacaan doa untuk meminta perlindungan Allah SWT dari gangguan Syaitan.

 

6. Al-Qur’an Surah Al-Fill, Al-Hijr dan Fungsi As-Sunnah

a. Surah Al-Fill(5 ayat) mengisahkan tentang seorang pemimpin dari tantara gajah bernama Abrahah Gubernur Yaman.

Kisah Singkat dari Penjelasan Surah Al-Fill

Kejadian ini(musnah pasukan Abrahah), bertepatan dengan Hari Lahirnya Nabi Muhammad SAW.

b. Surah Al-Hijr(99 ayat) Hijr berasal dari kata Pegunungan dimana penduduk kaum Tsamud musnah karena Mendustakan Nabi Shaleh dan berpaling dari ayat-ayat Allah.

Surah ini berkisah kaum-kaum yang dibinasakan oleh Allah seperti kaum Luth dan Kaum Syu’aib dengan alasan yang sama seperti paragraf pertama.

c. Fungsi As-Sunnah atau biasa disebut dengan Hadist, yaitu :

  • Sebagai pemerinci, penafsir ayat-ayat yang mujmal(global) dari Al-Qur’an.
  • As-Sunnah memberikan taqyiid(batasan)
  • As-Sunnah sebagai penguat hokum yang sudah ada di Al-Qur’an

 

7. Arti dari Ilmu Qiraat, Ilmu Tajwid, Tawarikh al Nuzul dan Periode Turunnya Al-Qur’an

a. Ilmu Qiraat = ilmu yang menerangkan macam-macam bacaan Al-Qur’an

b. Ilmu Tajwid = ilmu yang menerangkan tata acara Membaca Al-Qur’an

c. Tawarikh al Nuzul = ilmu yang menerangkan dan menjelaskan tentang masa turun ayat dan tertib turunnya.

d. MASA turunnya Alquran selama 22 tahun lebih tersebut terbagi dalam dua periode, sebagai berikut:

  • Periode pertama adalah Makkah.
    Yaitu, wahyu Ilahi yang diturunkan sebelum hijrah tersebut di sebut surat/ayat makkiyah merupakan 19/30 Juz dari Alquran, yang menurut Ahli Tahkiq selama 12 tahun 5 bulan dan lebih 13 hari.Dan terdiri dari 90 surah yang mencakup 4.773 ayat. Surat dan ayatnya pendek-pendek dan gaya bahasanya singkat-padat (Ijaz), karena sasaran pertama dan utama pada periode ini adalah orang-orang arab asli (Suku Quraisy) yang sudah tentu paham benar akan bahasa Arab. Mengenai isi surat/ayat Makkiyah pada umumnya berupa ajakan untuk bertauhid yang murni atau ketuhanan yang Maha Esa secara murni dan juga tentang pembinaan mental dan akhlaq.
  • Periode kedua adalah periode Madinah.Yaitu, wahyu Ilahi yang turun sesudah hijrah disebut surat/ayat Madaniyyah dan merupakan 11/30 Juz dari Al-Quran. Selama 9 tahun 9 bulan lebih 9 hari, yang terdiri dari 24 surah yang meliputi 1463 ayat.

    Surat dan ayatnya panjang-panjang dan gaya bahasanya panjang lebar dan lebih jelas (Ithnab), karena sasarannya bukan hanya orang-orang arab asli, melainkan juga non arab dari berbagai bangsa yang telah mulai masuk Islam dan sudah tentu mereka belum menguasai bahasa arab.

    Mengenai isi surat/ayat Madaniyyah pada umumnya berupa norma-norma hukum untuk pembentukan dan pembinaan suatu masyarakat / umat islam dan Negara yang adil dan makmur yang diridhai Allah Ta’ala.

 

8. Arti Kitab Suci dan Arti Al-Qur’an secara Terminologi

a. Kitab Suci adalah kitab(buku) dan suci(bersih) yaitu buku yang berisikan wahyu Tuhan yang didalamnya memuat ajaran-ajaran tentang aspek kehidupan bagi seluruh umat beragama.

b. Al-Qur’an secara Terminologi adalah Firman Allah SWT yang diturunkan kepada Nabi Muhammad SAW, memiliki kemukjizatan lafal, membacanya bernilai ibadah, diriwayatkan secara muttawatir yang tertulis dalam mushaf, dimulai dengan surah Al-Fatihah diakhiri Surah An-Naas.

 

Sumber Jawaban berdasarkan No.Soal :

  1. http://erwandigunawandly.blogspot.co.id/2014/05/pengertian-al-quran-dan-ulumul-quran.html dan http://quranhaditsinspirasihidupku.blogspot.co.id/p/ulumul-quran.html
  2. https://muslimah.or.id/6770-surat-makiyyah-dan-madaniyyah.html dan https://tabirjodoh.wordpress.com/2010/09/10/pengertian-khalwat/
  3. https://www.slideshare.net/AhmadJazuli8/hikmah-turunnya-al-quran-secara-berangsurangsur-dan-faedahnya-dalam-pendidikan-dan-pengajaran dan http://www.alislamu.com/4855/pengetahuan-tentang-ayat-yang-pertama-dan-terakhir-turun-2/
  4. https://id.wikipedia.org/wiki/Madaniyah
  5. Lupa Sumbernya dimana, karena copy paste ke notepad 🙂
  6. http://belajar-tobat.blogspot.co.id/2015/09/makna-dan-kandungan-surah-al-fiil.html dan http://quran-sunnah.net/2013/10/fungsi-fungsi-as-sunnah-hadits-dalam-kaitannya-dengan-al-quran/ dan juga http://www.surat-yasin.com/2015/04/surat-al-hijr-al-quran-dan-terjemahan.html
  7. https://ahmadbinhanbal.wordpress.com/2013/03/01/mengenal-ilmuilmu-pokok-dalam-menafsirkan-al-quran/ dan http://m.inilah.com/news/detail/2303544/dua-periodisasi-turunnya-alquran
  8. https://id.wikipedia.org/wiki/Kitab_suci dan http://erwandigunawandly.blogspot.co.id/2014/05/pengertian-al-quran-dan-ulumul-quran.html

Sekian Artikel ana tentang “Soal Prediksi UAS Pendidikan Al-Qur’an Semester 2”. Semoga Bermanfaat 😀

4 thoughts on “Soal Prediksi UAS Pendidikan Al-Qur’an Semester 2

  1. Alhamdulillah, artikel ini bermanfaat sekali untuk saya, karena penjelasannya singkat dan mudah dimengerti… Makasih min :v. 😀😀

    Liked by 1 person

Leave a comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.